Perbedaan Beragam Helm Safety Dan Tips Memilihnya

 

 

 

 

 

Distributor Stickcone Jakarta  – Sebagai di antara bagian dari perangkat proteksi diri yang wajib dipunyai sebuah perusahaan, helm sudah paling dikenal oleh masyarakat luas. Helm memiliki faedah yang paling vital dalam kehidupan yaitu untuk mengayomi kepala dari benturan dengan benda keras. Di dunia industri, dikenal helm safety yang ternyata memiliki sejumlah tipe, inilah daftarnya.

Perbedaan Helm Safety Berdasarkan Warna
Membedakan helm yang dipakai dalam perusahaan, khususnya perusahaan konstruksi, ialah dengan menyaksikan warnanya. Dalam urusan ini, helm dipisahkan menjadi tujuh warna, yakni: Kuning, Hijau, Merah, Oranye, Putih, Biru, dan Coklat. Masing-masing warna pada helm ini mempunyai makna tersendiri. Secara umum perbedaan warna helm ini melulu menunjukkan jabatan si pemakai helm.

Sebagai contoh, yang sangat umum ialah helm berwarna kuning. Helm yang berwarna kuning dipakai oleh operator atau petugas lapangan. Contoh yang lain, helm yang berwarna biru seringkali digunakan oleh pekerja yang dalam pekerjaannya sehubungan dengan sistem kelistrikan. Sementara guna helm berwarna putih seringkali digunakan oleh orang yang jabatannya lebih tinggi, manajer misalnya.

Perbedaan Helm Safety Berdasarkan Tipe Helm
Pembagian helm juga dapat didasarkan menurut tipe helmnya. Dasar penentuan tipe helm ini dapat merujuk pada International Safety Equipment Association (ISEA) dan American National Standard (ANSI). Pada standar teranyar versi ANSI maupun ISEA dengan nomor Z89.1-2014, ada dua tipe helm yang diakui. Perbedaan tipe ini menurut arah risiko yang datang.

1. Tipe 1
Helm tipe 1 dipakai untuk mengayomi kepala dari risiko bahaya yang datang dari atas. Bisa dibilang helm ini standar dan sesuai faedah pada umumnya, yakni untuk mengayomi kepala dari barang yang jatuh dari atas. Beberapa barang yang dikhawatirkan mempunyai risiko jatuh dari atas laksana palu atau paku.

Meski berukuran kecil, tapi andai palu atau paku itu jatuh dan tentang kepala pasti saja dapat menciptakan kepala cedera atau bahkan berdarah. Dalam situasi tertentu bahkan kedua benda itu yang jatuh menimpa kepala bisa menghilangkan nyawa seseorang. Melihat fungsinya, helm tipe 1 ini ialah standar minimum helm yang mesti dipenuhi.

2. Tipe 2
Helm tipe 2 adalahpeningkatan dari helm tipe 1. Jika helm tipe 1 melulu dapat melindungi untuk dari bahaya yang datang dari atas, maka helm tipe 2 selain mengayomi dari bahaya yang datang dari atas pun bahaya yang datang dari samping. Contohnya ialah tumpukan besi di dalam gudang.

Ada perbedaan beda antara helm tipe 1 dan 2 di samping arah datangnya bahaya. perbedaan antara helm tipe 1 dan 2 yang lain ialah pada helm tipe 2 dipenuhi dengan busa berbahan Expanded Polystyrene (EPS) pada unsur dalamnya. Oleh sebab itu, helm tipe 2 ini dapat dikatakan lebih baik daripada helm tipe 1.

 

Leave a Comment